Drama Ketua PAN Kalsel Perkuat Timses Jokowi

Membelotnya Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan Muhidin berujung sanksi pemecatan oleh partai. Meski begitu, sikap Muhidin berbuah tawaran masuk tim sukses Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Drama Ketua PAN Kalsel Perkuat Timses Jokowi
"Saya tetap, walaupun dipecat, saya tetap di Jokowi," ungkap Muhidin saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (12/12/2018).

Informasi pemecatan Muhidin dari posisinya saat ini disampaikan oleh Sekjen PAN Eddy Soeparno. Muhidin tak gentar. Dia mengaku siap menerima konsekuensi atas keputusannya tak mengikuti kebijakan partai, yang mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Saya tetap saja berkomitmen membesarkan PAN karena kita ingin memutihkan Kalsel," tegas Muhidin.

Pilihan Muhidin mendapat sambutan hangat dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin. Muhidin mendapat tawaran ikut bergabung dalam timses pasangan nomor urut 01 itu.

"Jadi teman-teman PAN yang bergabung di Kalsel ini tentu mereka sudah menunjukkan niat baik dan perjuangannya untuk Pak Jokowi," ungkap Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, kepada detikcom, Rabu (12/12/2018).

"Kalau misalnya mereka dipecat di partainya, kami akan terima di tim sukses, dengan senang hati," sambung politikus PKB itu.

Bukan hanya Muhidin yang akan diterima di timses Jokowi-Ma'ruf. Muhidin, yang mengklaim mendapat loyalitas dari 200 ribu kader PAN Kalsel, juga dipersilakan membawa gerbongnya untuk masuk TKN.

"Bukan hanya Ketua PAN Kalsel, tapi seluruh gerbongnya, tokoh-tokoh yang direkomendasikan, akan kita masukkan ke timses," sebut Karding.

Karding meyakini keberadaan Muhidin dan jajarannya bisa menambah kekuatan Jokowi-Ma'ruf, terutama di Kalsel. Sebab, mantan Wali Kota Banjarmasin itu merupakan salah satu tokoh yang cukup disegani di provinsi tersebut.

"Akan memperkuat kekuatan Pak Jokowi di Kalsel," ucap Karding yakin.

Lantas bagaimana tanggapan Muhidin atas tawaran ikut membantu pemenangan Jokowi-Ma'ruf itu?

"Untuk timses, bersedia juga," kata Muhidin.

DPP PAN berencana mendatangi Kalsel untuk melakukan perombakan DPW setempat menyusul pembelotan Muhidin. Meski begitu, Waketum PAN Bara Hasibuan berpendapat alangkah ruginya bila partai memecat Muhidin. Alasannya, Muhidin merupakan tokoh di Kalsel yang memiliki jaringan kuat.

detik.com | Elza Astari