Peluk Hangat Tokoh Perempuan Muhammadiyah ke Jokowi

Presiden Joko Widodo mendapatkan sambutan hangat dalam peringatan milad seabad Madrasah Mu'allimin-Mu'allimaat Muhammadiyah, Yogyakarta. Kepala Negara menjadi pusat perhatian dalam acara itu.

Peluk Hangat Tokoh Perempuan Muhammadiyah ke Jokowi
Setelah acara ditutup, Jokowi menyempatkan diri menghampiri murid-murid untuk bersalaman dan berfoto bersama. Namun, ketika turun panggung, dia dicegat seorang nenek berjilbab kuning. 

Sosok itu adalah mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Aisyiyah Elyda Djazman. Aisyiyah adalah organisasi sayap perempuan Muhammadiyah yang fokus pada pemberdayaan masyarakat.

Perempuan kelahiran Medan, Sumatera Utara, 11 Juli 1940 itu menyalami, memeluk, dan menepuk pundak Jokowi. Putri dari pasangan HM Bustami Ibrahim dan Rohana yang juga aktivis Muhammadiyah itu turut mendoakan Kepala Negara.

"Semoga Bapak panjang umur, sehat dan menjadi kebaikan bagi banyak orang," kata Elyda kepada Jokowi, Kamis, 6 Desember 2018.

Mendengar hal itu, Jokowi menunduk dan menganggukan kepalanya. "Terima kasih, terima kasih doanya," ujar Jokowi.

Elyda bukan orang sembarangan di Muhammadiyah. Dia memimpin PP Aisyiyah selama 3 periode berturut-turut, 1985 hingga 2000. Elyda dikenal kritis dan peka terhadap persoalan sosial, politik, dan kemanusiaan.

metrotvnews.com