TGB Zainul Majdi Bongkar Ciri Khas Khawarij di Indonesia

APA kaum Khawarij, sebuah aliran atau faham atau kelompok dalam Islam? Tuan Guru Bajang (TGB) Dr Muhammad Zainul Majdi menjelaskan secara gamblang dan singkat.

TGB Zainul Majdi Bongkar Ciri Khas Khawarij di Indonesia
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi mengatakan, Khawarij adalah salah satu kelompok dalam Islam yang selalu menggap diri atau kelompok mereka selalu benar.

Menurut TGB Zainul Majdi, hanya kelompok atau pandangan anggota kelompok itu yang tidak pernah keliru. 

Kelompok lain, kata TGB Zainul Majdi, yang tidak sepaham dengan kelompok Khawarij bukan hanya dianggap salah bahkan dianggap kafir.

"Dulu ketika ada satu kelompok yang selalu anggap selalu benar. Sendirian benar. Yang berbeda itu salah bahkan kufur," ujar TGB Zainul Majdi dalam sebuah video yang dibagikan melalui akun official instagramnya, @tgb.id.

TGB Zainul Majdi pun kemudian menunjukkan ciri yang sangat khas dari kelompok ini baik yang ada di Indonesia maupun di negara-negara lain, yang maunya menang sendiri. Ia kembali mengaitkan ciri kelompok ini dengan ayat-ayat dalam perang.

Kelompok Khawarij sering kali mengambil ayat-ayat Kitab Suci Al Quran demi kepentingan sendiri dan tidak sesuai dengan konteks ketika ayat tersebut diturunkan. 

"Nah, Khawarij ini salah satu ciri khasnya adalah mengambil ayat-ayat yang sebenarnya diarahkan untuk kafir Quraisy dalam situasi perang, lalu menerapkannya kepada umat Islam yang lain," katanya. 

TGB Zainul Majdi menambahkan, "Jadi mereka ambil, mereka cabut ayat dari konteksnya. untuk menjustifikasi kepentingan mereka."

"Nah ini salah satu karakteristik utama kaum khawarij yang dijelaskan oleh para ulama," kata pendukung Presiden Joko Widodo alias Jokowi ini. 

Ingin tahu lebih lengkap, simak video dan status TGB Muhammad Zainul Majdi berikut ini.

@tgb.idDalam sejarah Islam ada kelompok-kelompok Islam yang berbeda pandangan dengan kelompok lain.

Apakah teman-teman TGB Untuk Indonesia pernah dengar kelompok Khawarij?

Seperti apa penjelasannya? Yuk, simak ulasan Tuan Guru Bajang (TGB). _

Sumber video, @medcomid

Video TGB Zainul Majdi ini kemudian menuai komentar sejumlah netizen (warganet).

@imambukhariiTidak perlu terlalu sibuk dengan pendapat orang lain. Sehinggi dakwahnya terus mengenai itu. Tidak perlu meNuhankan pendapat orang lain tentang kita. Karena Alloh-lah Maha Pembolak-balik hati. Kalau memang kita baik, Alloh pasti tunjukan kebenaran, tapi kalau kita tidak baik.

@imambukharii"Sesungguhnya manusia yang paling dicintai oleh Allah pada hari kiamat dan paling dekat kedudukannya di sisi Allah adalah seorang pemimpin yang adil. Sedangkan orang yang paling dibenci oleh Allah dan paling jauh kedudukannya dari Allah adalah seorang pemimpin yang zalim.” (HR. Tirmidzi)

@basiit04Sekarang ini ada kaum neo khawarij dan mu'tazilah ..nauzubillah

@bule.215Perbuatan dan ucapan jg hrs selaras pak. G boleh berbohong.biasa dlm politik itu dagang tawar menawar jabatan dan kepentingan.. Apakan ini boleh dalam islam?bukankah islam itu tegak lurus di atas alquran dan sunnah. Dilarang berdusta walaupun sepatah kata.

http://wartakota.tribunnews.com